GAMBARAN KORUPSI INDONESIA

 

        Korupsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain dalam penggunaan waktu dinas (bekerja) untuk urusan pribadi.
1. Menurut para pakar :
a) Menurut Robert Klitgaard, Pengertian Korupsi adalah suatu tingkah laku yang meyimpang dari tugas-tugas resmi jabatannya dalam negara, dimana untuk memperoleh keuntungan status atau uang yang menyangkut diri pribadi (perorangan, keluarga dekat, kelompok sendiri), atau melanggar aturan pelaksanaan yang menyangkut tingkah laku pribadi. Pengertian korupsi yang diungkapkan oleh Robert yaitu korupsi dilihat dari perspektif administrasi negara.
b) Menurut The Lexicon Webster Dictionary, Korupsi adalah kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.
c) Menurut Mubyarto, Pengertian Korupsi adalah suatu masalah politik lebih dari pada ekonomi yang menyentuh keabsahan (legitimasi) pemerintah di mata generasi muda, kaum elite terdidik dan para pegawai pada umumnya. Akibat yang ditimbulkan dari korupsi ini ialah berkurangnya dukungan pada pemerintah dari kelompok elite di tingkat provinsi dan kabupaten. Pengertian korupsi yang diungkapkan Mubyarto yaitu menyoroti korupsi dari segi politik dan ekonomi.

Adapun bentuk-bentuk korupsi diataranya:
1. Penyuapan (bribery) .
2. Penggelapan (embezzlement ) .
3. Pemerasan (extortion).
4. Penyalahgunaan/penyelewengan (misappropriation).
5. Perlindungan (patronage).

       Secara garis besar, sejarah korupsi di Indonesia tumbuh dan berkembang melalu 3 (tiga) fase sejarah, yakni ; zaman kerajaan, zaman penjajahan hingga zaman modern seperti sekarang ini.
Pertama, Fase Zaman Kerajaan, Budaya korupsi di Indonesia pada prinsipnya, dilatar belakangi oleh adanya kepentingan atau motif kekuasaan dan kekayaan. Kedua, Fase Zaman Penjajahan. Pada zaman penjajahan, praktek korupsi telah mulai masuk dan meluas ke dalam sistem budaya sosial-politik bangsa kita. Budaya korupsi telah dibangun oleh para penjajah colonial (terutama oleh Belanda) selama 350 tahun. Ketiga, Fase Zaman Modern. Fase perkembangan praktek korupsi di zaman modern seperti sekarang ini sebenarnya dimulai saat lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Akan tetapi budaya yang ditinggalkan oleh penjajah kolonial, tidak serta merta lenyap begitu saja. salah satu warisan yang tertinggal adalah budaya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

     Jadi, korupsi adalah suatu tindakan dimana seseorang melakukan penyuapan, penyelewengan baik dalam bentuk materi ataupun non materi untuk memperkaya diri sendiri yang berkembang di Indonesia melalui tiga fase (zaman kerajaan, zaman penjajahan, dan zaman modern).

 

DAFTAR PUSTAKA
https://kbbi.web.id/korupsi di akses pada tanggal 17 september 2018
http://www.pengertianpakar.com/2015/02/pengertian-dan-ciri-korupsi-menurut-pakar.html di akses pada tanggal 18 september 2018
http://korup2829.blogspot.com/2013/10/bentuk-bentuk-korupsi.html di akses pada tanggal 17 september 2018
http://andsbarcaboy.blogspot.com/2013/03/sejarah-korupsi-di-indonesia.html di akses pada tanggal 18 september 2018

Gambaran Korupsi Indonesia Oleh MPI 3A

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *