Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana MPI wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

Capaian
1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
3) Mampu mengkaji dampak pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4) Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5) Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
10) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
11) Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
12) Mampu membaca al-Quran berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar, serta ibadah praktis dengan baik dan benar.

 

Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus

Lulusan program sarjana Pendidikan MPI wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :

Capaian
1. Mampu menampilkan kepemimpinan manajerial pendidikan dalam bidang tugas-tugas manajemen peendidikan Islam secara professional.
2. Memiliki keterampilan dalam pengambilan keputusan (decision making).
3. Memiliki kemampuan mengelola informasi melalui pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen (SIM).
4. Memiliki keterampilan berkomunikasi (communication skilll) secara efektif dalam layanan pendidikan.
5. Mampu bekerja sama dalam melakukan problem solving pada aspek layanan manajemen pendidikan.
6. Memiliki keterampilan supervisi akademik dan manajerial.
7. Memiliki komitmen kerja yang baik

 

Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Tambahan

Lulusan program sarjana Pendidikan MPI wajib memiliki keterampilan Tambahan sebagai berikut :

Capaian
1. Pengelola lembaga pendidikan (madrasah, sekolah, lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, pondok pesantren, majlis taklim, dan diniyah takmiliyah).
2. Pendidik manajemen dan administrasi di SMK/MAK.
3. Pengelola Pelatihan.
4. Pengelola SDM.
5. Peneliti bidang manajemen pendidikan.